MARAKNYA VIRUS ZIKA DAPAT BERMULA DARI SINI!

Saluran pembuangan air alias selokan seringkali menjadi biang berbagai masalah. Selokan yang tersumbat dengan air yang menggenang menjadi tempat favorit kuman penyakit untuk berkembang biak. Dari bakteri penyebab diare sampai nyamuk penyebab demam berdarah. Terlebih lagi saat ini marak adanya virus Zika yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegypti.

Penyebab tersumbatnya selokan dikarenakan beberapa hal, yang paling umum adalah endapan sedimen tanah dan sampah. Sebelum berbagai kemungkinan buruk terjadi karena selokan tersumbat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti berikut ini :

1. Perhatikan kondisi selokan di sekitar rumah kita. Pastikan selokan bebas sumbatan. Kalau sudah mulai banyak sampah menumpuk, segera bersihkan.
2. Jangan tutup bagian atas selokan. Kalaupun harus ditutup, untuk alasan keamanan, cukup tutup dengan kisi-kisi besi. Menutup selokan dengan semen, membuat kita malas membersihkannya.
3. Bersihkan selokan secara berkala dan terus menerus.
4. Membuang sampah pada tempatnya.

Langkah awal dalam peduli lingkungan dapat mencegah berbagai macam bakteri dan virus yang berkembang. Hal tersebut dapat menjauhkan keluarga dari diare, demam berdarah hingga virus Zika yang sedang marak terjadi.

Selain mencegah berbagai macam penyakit timbul, dengan menjaga fungsi saluran air membantu Surabaya Bebas Genangan.

Dinas Bina Marga dan Pematusan beranggotakan petugas Satgas Pematusan selalu berupaya membantu warga yang bergotong royong / kerja bakti membersihkan saluran di sekitarnya, mulai dari pengangkutan hasil kerukan hingga terjun bersama warga dalam melakukan pengerukan.

About DPUBMP